Keamanan Sistem Operasi NetBSD untuk Aplikasi Berbasis Web – Bagian II Instalasi

Instalasi NetBSD 6.1.5 untuk sebuah peladen yang aman sebaiknya menggunakan pilihan instalasi minimum agar sistem tidak menginstall hal-hal yang tidak kita butuhkan kedepannya dan memperkecil kemungkinan adanya celah keamanan.

Berikut langkah-langkah dalam instalasi NetBSD 6.1.5

Download ISO NetBSD terbaru di ftp://iso.netbsd.org/pub/NetBSD/iso/ kemudian buatlah ISO tersebut dapat diboot oleh computer dengan membakarnya kedalam cakram kompak (CD) atau penyimpan kilat USB (Flash Drive), karena diluar konteks tulisan ini maka ridak akan dijelaskan pada tulisan ini.

Setelah anda berhasi memboot ISO maka akan keluar tampilan seperti dibawah ini, pilihlah opsi 1 yaitu instalasi NetBSD :

netbsd

Kemudian pilihlah opsi instalasi NetBSD ke hard disk

Screen Shot 2015-04-01 at 11.02.02 AM

Setelah itu akan keluar beberap tampilan untuk memilih bahasa dan keyboard, pilihlah sesuai kebutuhan, dalam kasus ini saya memilih menggunakan bahasa Inggris dan keyboard dengan layout US. Selanjutnya kita akan menjumpai pilihan instalasi, karena komputer ini akan dijadikan peladen yang akan kita hardening maka dipilihlah instalasi minimal.

Screen Shot 2015-04-01 at 11.38.04 AM

Langkah berikutnya adalah mengatur ukuran partisi pada NetBSD, pilihlah pilihan untuk mengatur ukuran partisi secara manual

Screen Shot 2015-04-01 at 11.44.38 AM

Karena sistem ini akan menjadi peladen aplikasi web, maka partisi yang perlu dipisah adalah partisi /var karena nantinya data aplikasi web dan basis data akan berada didalam berkas tersebut, besarnya disesuaikan dengan skala dari aplikasinya sendiri. Setelah semua dirasa mantap maka dapat dilanjutkan dengan memilih opsi accept partition size.

Screen Shot 2015-04-01 at 11.47.35 AM

Pada langkah selanjutnya adalah memilih bootblock, atau kemanakah devais konsol akan diarahkan, karena NetBSD mempunyai konsep portabel dimana sistem dapat diinstalasi pada komputer tanpa I/O standar seperti monitor dan keyboard. Karena kita akan menggunakan selayaknya komputer biasa maka bootblock diarahkan ke BIOS console.

Screen Shot 2015-04-01 at 11.55.46 AM

Sampai langkah ini sebenarnya instalasi sudah selesai dan dilanjutkan dengan konfigurasi dasar dari sistem operasi, disini kita bisa mengatur TimeZone, Jaringan dan password untuk pengguna root.

Screen Shot 2015-04-01 at 11.58.00 AM

Instalasi selesai, selanjutnya diikuti dengan konfigurasi setelah instalasi dan pengerasan peladen.

Screen Shot 2015-04-01 at 11.58.23 AM

Instalasi keluarga BSD termasuk salah satu proses instalasi yang paling cepat yang pernah saya rasakan, dari awal boot sampai sistem berjalan kurang dari 10 menit (dengan asumsi kita mengerti betul apa yang sedang kita lakukan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *