CentOS Secure Installation

Langkah paling utama dan pertama yang harus dilalui adalah mengamankan pondasi yaitu Sistem Operasi. Diawali dengan memastikan sumber paket instalasi tersebut berasal dari sumber yang benar. Banyak cara memastikanya, pertama gunakan paket instalasi resmi (berbeli atau unduh dari situs yang meyakinkan misalnya secure web). kedua periksa md5sum serta sha*-nya apakah sesuai dengan informasi yang tertera pada situs resmi CentOS. Langkah kedua ini berlaku untuk semua aplikasi yang bersumber dari pengunduhan.

Sistem Operasi Centos merupakan turunan dari RedHat, versi terbaru dari Centos sekarang adalah 6.4. Sistem Operasi Centos dapat diunduh dari salah satu mirror yang terdaftar pada situs resminya http://www.centos.org. Untuk pengunduhan sistem operasi centos tersedia dalam beberapa versi, Live CD (tidak dapat digunakan untuk instalasi), Minimal, Full Service. Pada versi fulservice sudah tersedia banyak aplikasi yang dibutuhkan. Pada laporan ini digunakan OS Centos yang full service akan tetapi proses instalasi menggunakan sistem Minimal, dengan tujuan mengurangi beban server. Setelah mengunduh pastikan md5sum, sha1sum, dan sha256sum sesuai dengan yang diberikan oleh situs mirror dan situs http://www.centos.org.

Jalankan CD Instalasi CentOS, setelah proses booting akan tampil tampilan depan dari CentOS. Tersedia beberapa pilihan untuk dilakukan instalasi, untuk alasan keamanan maka pilih instalasi minimal atau instalasi basic sehingga aplikasi yang terinstal hanyalah aplikasi yang dibutuhkan saja.

Setelh memilih basic instalasi selanjutnya akan muncul tampilan media testing

Akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan pengecekan, apabila anda yakin dengan CD instalasi yang anda miliki maka disaran untuk memilih skip saja. selanjutnya pilih Bahasa yang akan digunakan pada sistem operasi.

Selesaikan semua konfigurasi yang dibutuhkan hingga proses instalasi berjalan. Untuk proses instalasi dapat dilihat pada situs  howtoforge.com.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *